Senin, 12 Mei 2008

Chiffon Ketan Item

Hari Minggu drpd bengong mending bikin kue....


Biarpun penampilannya item kyk gitu tapi enak bgt bo...
nih resepnya silaken dicoba....
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir ~ Aku pake 120gr
1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item ~ diayak dulu

Caranya :
1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin sitepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
4. campur putih telur, gula pasir dan garam
5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampaikental
6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatulasampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
7. tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit (25 menit pertama pake suhu 200° C, sisa waktu pake suhu 180° C )
9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya.
(Resep diambil dari NCC - Ibu Fatma)

11 komentar:

  1. nahhh sekarang gw kudu nih belajar buat yg keik beginian dari pada beli ya nda mel tapi gw kagak punya oven-nyaaaa kalo nda pake oven nda bisa ya nek ? :lol:

    BalasHapus
  2. Masak sih enak?? gak caya ah.. gmana klo lu kirimin ke rumah gw? biar gw bisa tau enak apa gak. :D

    BalasHapus
  3. Dalam rangka apaan nih kok sampe bisa postingannya samaan ma jeng Ibeth, sama² bagi resep, cuma bedanya disono resep kakap disini resep kue.
    Hmmm... *elus² dagu*

    Beneran enak ga ci?
    Ga percaya aku, suwerrr...sebelon tuh kue dikirimin ke rumah ci Dewi en ketempatku, baru deh aku bisa percaya kalo tuh kue enak or kaga

    *Ceileee...Retha, gaya bener sok kompakan ma Dewi* :P

    BalasHapus
  4. To. Vivi :
    Beli aja oven yg biasa aja yg ditangkringin diatas kompor, pan lumayan tuh belajar bikin kue biar mas-mu tambah lengket..
    To. Dewi :
    Ogah berat diongkos hehehe.. mending lu ambil sendiri ke bekasi.
    To. Reth :
    Ooo samaan toh, biasa ibu2 biar irit skrg apa2 kudu bikin sendiri wkwkwk..
    Namanya kakak adek kudu akuuur dan kompak wkwkwk...

    BalasHapus
  5. boong lo ya, pasti dah itu beli jadi *kaboor*

    BalasHapus
  6. halah dah panjang2 komen errorrrr huaaaaaa

    bikin kue syukuran rumah dah kelar ya mel? bukannya ubdang2 malah pamer kue & suruh bikin ndiri *teganya2* :p

    phing2 & an2 abis berapa loyang tu mel?

    BalasHapus
  7. To. Yanti :
    Wah ketahuan dah ama BU Sekree.. sambil bawa kue siap2 nimpuk Bu Sekre...
    To. Dyah :
    Belum kelar rumahnya lagi finishing , tenang aja ntar pasti diundang ...

    BalasHapus
  8. gak kecium wanginya....
    adek gua mau bikin gak ya? hehehe

    BalasHapus
  9. Mel, ntar kalo kita jadi ke Bogor, elu bawa ya, buat bekal sarapan dan pembuktian rasanya **malak**

    to Vivi: Gw dirumah juga pake oven biasa yang mereknya Miki Mose **serius inih** cuman 100rb, jadi2 aja kok kuenya :p.

    BalasHapus
  10. To.Xuxu :
    Bukan baunya, tp rasanya nyang eudang..
    To. Ibeth :
    Dasaaar Preman bawaannya pgn malak mulu hehe.. boleh ntar gw bawa tp 1loyang goban yee...
    Btw sama beth oven gw jg yg tangkring punya... trus boleh minjem lg ama emak gw, nga modal ya gw...

    BalasHapus