Rabu, 12 September 2007

Jajan didenda loh

Jajan di Jalanan Jakarta Bakal Didenda Rp 20 Juta

Jakarta - Setelah melalui proses rapat panjang di DPRD DKI Jakarta, Raperda Ketertiban Umum disahkan. Salah satu isinya cukup menarik perhatian. Setiap orang atau badan dilarang membeli ke pedagang asongan, lalu memberikan sejumlah atau barang ke pengemis, pengamen, bahkan ke pengelap mobil.
Hal ini mengemuka dalam rapat paripurna DPRD, di Gedung DPRD, Jl Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2007). Jika peraturan tersebut dilanggar, maka orang tersebut akan dikenai ancaman pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lambat 60 hari atau denda paling sedikit Rp 100.000 dan paling banyak Rp 20 juta.
Menanggapi peraturan baru ini, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso berharap, raperda tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Namun untuk menerapkan raperda ini, harus dilakukan sosialisasi.
"Ini kan sudah disetujui, tinggal kita laksanakan secara konsekuen. Itu harus disosialisasikan dengan baik. Secepatnya dilakukan dengan media yang ada," ujar Sutiyoso usai rapat paripurna.
Mantan Pangdam Jaya ini mengatakan, mental aparat harus diperbaiki untuk dapat menegakkan raperda ini. Yang paling penting, lanjut dia, adalah menggalang kesadaran masyarakat untuk berdisplin. "Karena titik lemah kita bukan hanya di Jakarta, tapi secara nasional lemah dalam disiplin. Masyarakat kita itu indisipliner," imbuh dia.
Pria yang akrab dipanggil Bang Yos ini menyangkal raperda yang sudah menjadi Perda Ketertiban Umum ini hanya mengarah untuk masyarakat miskin saja. Menurutnya, tidak ada maksud untuk mengganggu kepentingan umum. "Semua usaha untuk hidup diizinkan. Tapi kalau sudah merugikan orang lain,itu yang perlu kita hapus," tandasnya. (ptr/sss)

Disadur dari :Ken Yunita - detikcom

Edun khan ??? Ada bagusnya juga sih kalo benar – benar dilaksanakan Jkt jadi bebas pengemis, tk asongan apalagi yg tkg ngelap kaca biasanya suka maksa minta duitnya. Tapi kalo lg macet haus jadi nga bisa beli Aqua atau mau beli Koran nga ada lagi dong.
Jadi inget kejadian 3 th yg lalu yg Jkt macet total gara2 banjir pulang kerja jam 5 sore stuck di tol ampir 8-10 jam untung ada tk asongan yg jualan aqua, bakpao ato sekedar tahu, kacang tapi ngebantu bgt mana waktu itu aku lagi hamil si phing2. Jadi inget kenangan pahit waktu itu soalnya nahan pipis bo…………
Emang pedagang asongan dan pengemis segitu banyak mau dikemanain? Bisa nga dibina? Aparat makin ok dong kang taunya ……..Friends menurut kalian gimana???

3 komentar:

  1. ini potensial bikin Class Action, mana mungkin menghilangkan pengamen, pengemis yang udah sejak dahulu kalo menjajah Jakarta.. apalagi bulan puasa. Mustinya cukup himbauan saja, atau kalo mau lebih baik, kasih lapangan kerja ke mereka, dan peraturan ini diterapkan biar gak berat sebelah. Gimana? gua udah kayak pengamat belum? :D

    BalasHapus
  2. Hmmm kirim mereka ke kampung halamannya trus kasih modal skalian dibina ama pemda masing2. Jd daerah maeraka pun bakal lebi berkembang.

    BalasHapus
  3. gw sih fine2 aja, emang dari dulu gak suka kasih ke pengamen or pngemis2 gitu. Abis pernah tuh ngasih ke pengamen kecil taunya dibeliin rokok ama mereka. mending klo mo kasih makanan aja deh or perlengkapan sekolah.

    BalasHapus