Kamis, 22 November 2007

GBS (Guillain Barre Syndrome)

Minggu sore jenguk temen yg diopname di RS. Mitra Keluarga Bekasi, temenku kena virus GBS.
Virus GBS apaan tuh ?... gw juga bingung, berawal kena flu dan demam serta diare tiba2 kakinya kesemutan & lemes nga bisa jalan untung dia cepet ke RS. Setelah dites segala macem akhirnya dokter suruh dirawat, katanya kudu di infus dan hari Senin mau di EMG karna alatnya nga ada di Bekasi jadi musti ke Mitra Kelapa Gading untuk EMGnya. Setelah di EMG dokter bilang udah positif kena Virus GBS.

Pas kemaren coba brows cari info tentang virus ini, dapat di web ini langsung gw kabari ke temenku. Ternyata untuk GBS obat nya hanya ada 1 macam yaitu GAMAMUNE ( Imuno globuline ) yang harganya 4jt – 4,5 jt rupiah /botol biasanya obat ini diinfuskan kepasien dg jumlah yang dihitung dari berat badan, untuk lebih jelas nya tanya ke dokter, contoh kasus seseorang dg berat badan pada saat sakit waktu itu 58 KG dia menghabiskan obat ini sebanyak 20 botol, ( 5 botol / hari). Walah2 bisa 100 jtan yak…..OMG….
Dibawah ini sekilas tentang Virus GBS, just for Info aja, biar nambah pengetahuan gitu.
GBS adalah penyakit langka yang menyebabkan tubuh menjadi lemah kehilangan kepekaan yang biasanya dapat sembuh sempurna dalam hitungan minggu, bulan atau tahun. GBS mengambil nama dari dua Ilmuwan Perancis, Guillain (baca Gilan) dan Barré (baca Barre), yang menemukan dua orang prajurit perang di tahun 1916 yang mengidap kelumpuhan kemudian sembuh setelah menerima perawatan medis. Penyakit ini menjangkiti satu dari 40,000 orang tiap tahunnya. Bisa terjangkit di semua tingkatan usia mulai dari anak-anak sampai dewasa, jarang ditemukan pada manula. Lebih sering ditemukan pada kaum pria. Bukan penyakit turunan, tidak dapat menular lewat kelahiran, ternfeksi atau terjangkit dari orang lain yang mengidap GBS. Namun, bisa timbul seminggu atau dua minggu setelah infeksi usus atau tenggorokan.
Penyakit ini timbul dari pembengkakan syaraf peripheral, sehingga mengakibatkan tidak adanya pesan dari otak untuk melakukan gerakan yang dapat diterima oleh otot yang terserang
Karena banyak syaraf yang terserang termasuk syaraf immune sistem maka sistem kekebalan tubuh kita pun akan kacau. Dengan tidak diperintahakan dia akan menngeluarkan cairan sistem kekebalan tubuh ditempat-tempat yang tidak diinginkan.
Dengan pengobatan maka sistem kekebalan tubuh akan berhenti menyerang syaraf dan bekerja sebagaimana mestinya.

Gw suruh konsul aja ke dokternya apa bener butuh obat Gamume daripada cuma diinfus multivitamin tok yg bakal memperpanjang dia stay di Rumkit.
Menurut dokternya temenku baru gejala awal belum parah jadi belum perlu obat keik gitu thank’s god kalo gitu.

So Frente jaga kesehatan yak, kalo udah sakit yg aneh2 udah dah kantong bisa jebol, apalagi di Indonesia vonis dokter beda2 bisa bikin bingung and yg penting kudu punya Insurance tapi yg bonafit biar kalo reimburse gampang.

Buat Sasa yg sakit cepet cembuh ya…..be strong girl……..

16 komentar:

  1. duh tuh obat mahal bener...
    harus cross check ke dokter yg laen...
    serem juga ama dokter2 di indo...kekekek
    habis semua2 di infus....

    BalasHapus
  2. serem amat penyakitnya... mahal pulak obatnya... jangan ampe kena deh :)

    BalasHapus
  3. serem juga yah penyakitnya, jd ga boleh sembarangan klo kena radang tenggorokan, jgn sampe infeksi. mana obatnya mahal bener.. :(

    pet sembuh buat temen lo yah Mel.

    BalasHapus
  4. hahh.. itu imunisasi paling mahal yg gue pernah tau, amit2 dahh hii.. moga cepet sembuh ya temen lo

    BalasHapus
  5. To. Ina : Udah di cek ke dokter lain idem diagnosanya.
    To. Xuxu : Makanya jaga kesehatan rajin olahraga ayo ngegym lagi.
    To. Dewi : Iya horor itu virus..
    To. Yanti : Wakakak bukan imunisasi dudul nih Bu Sekre...

    BalasHapus
  6. waduhhhhh nyereminnnn penyakitnya jangan sampe deh kenaaaa gw doain temen lo cepet sembuh ya say ...penyakit zaman sekarangmacem-macem ya nek :(

    BalasHapus
  7. saran nih... lebih baik diskusi dengan teman2x yang juga mencari info tentang gbs ini. dan coba tanya2x, liat referensi dokter lainnya, apakah memang tidak perlu ada pengobatan lainnya.
    mereka2x yang terdaftar di site itu (di tulisan tentang GBS) pada mau koq dihubungi untuk berdiskusi.

    *yang sitenya di link

    BalasHapus
  8. To. mprasodjo
    Thank's mas atas sarannya, saya akan kasih tau teman saya

    BalasHapus
  9. Saya juga pernah mengalami sakit GBS. Cerita pengalaman saya ada di:
    http://www.myusuf.or.id/v20/writing/index.php?act=browse_cat&p_id=83

    BalasHapus
  10. hai gw ivana.. gw mo cerita ttg adik gw satu2ny ,,namany merry..dy tiba2 ajha ngerasain kram2 di tangan n kakinya,,3 hari kemudian dy dibawa ke rs,krn badannya udah lemes bgt,,bahkn utk nopang lehernya sndri udah gak bisa,sehari di rs,dy dibawa ke icu,n dipasangin ventilator.. syok bgt rasanya...kata dokter dy kena GBS...
    entah udah yg keberapa kali gw ngejelasin ke orang2 yg blm prnh dngr virus ini,,sampe capek rasanya,,,email,fs, bahkan inbox hp jd full krn tmn2 pd nanyain.. bnyk yg nunjukkin simpati..tp ada bbrp yg malah gak berani jenguk krn takut ketularan (pdhl GBS bukan penyakit menular,, perbandingan org mengidap penyakit tuch 1:40.000 orang,,walopun virus,,tp ini bukan virus flu,,gw smpt gondok,,tp udahlah,,tiap org punya pandangannya masing2)..
    sebab pastiny masi blm jelas,,dr artikel yg gw baca, bbrp penderita gbs tuh tipikalnya sama,sibuk,waktu tidur n makan yg gak teratur.. emang adik gw kul n masi sibuk dgn aktifitas2ny diluar kantor..
    masing2 case sich sebenarny beda,,krn tergantung antibodi tubuh masing2 penderita..ada yg sembuh dalam hitungan minggu, bulan or bahkan tahun,,ada yg sembuh tanpa ada cacat,,tp ada jg yg sembuh dgn cacat pada bagian tubuh yg terserang paling parah...
    adik gw udah gak bisa ngerasain apa2 di kaki n tangannya, sekuat apapun gw cubit or pukul,,kyk mati rasa..dy cm ngeluh klo tulang belakangny sakit banget..
    keluarga gw sempat nanya ke dokter,klo mmg perlu beli imuno globuline.. tp dokter masi tgu perkembangan kondisi adik gw..
    dy sempat di operasi di dkt tenggorokan,coz selang ventilatorny bs bikin pita suara klo kelamaan di dlm tenggorokan..kondisiny udah membaik..(itu yg terlihat).
    tp 4hari kemudian,,dy meninggal... setelah 1bulan10hari di rumah sakit..
    seluruh keluarga n teman2 gak nyangka bgt..
    udah optimis bgt klo dy bakal sembuh,,
    yahc,,,mungkin itu yg terbaik..
    dari hal ini gw belajar klo selama qta masi dikasih kesempatan oleh Tuhan utk hidup di dunia qta harus bikin yg terbaik utk diri sendiri dgn jaga kesehatan qta..

    BalasHapus
  11. @Ivana, Turut Berduka ya.., thank udah mau sharing, sampai hari ini teman saya risa masih bolak balik sakit terakhir dia menjalani cuci darah gitu biar virus yg ada didarahnya hilang after that dia berobat ke Singapura, tp tetep aja nga boleh kecapean dikit langsung kambuh lagi.

    BalasHapus
  12. Halo, saya pengen ikutan sharing aja karena 22NOV08 kmrn adik sepupu saya tidak tertolong setelah diagnosa dokter adik saya terserang GBS. Adik masuk RS PANTI RAPIH-JOG 10 hari sebelumnya, 4 hari terakhir di ICU & sdh mendptkan GAMAMUNE. Tapi rupanya Tuhan berkehendak lain karena akhirnya harus "PULANG" juga. Yang ingin saya ketahui apakah virus ini memang bisa kambuh?????

    BalasHapus
  13. buat terry : setauku GBS itu bukan kambuhan, tapi kalo kuat dan bisa melewati masa kritis, insyaALLAH bisa bertahan. Tinggal motoriknya aja perlu diperbaiki lagi. Aku punya beberapa pasien GBS tapi tetep bisa survive kok.
    Jadi buat teh melly, terutama temennya, survive ya!

    BalasHapus
  14. GBS memang suatu penyakit dengan gejala awal mirip dengan penyakit2 biasa.. dari semacam batuk pilek.. terus ke seperti gejala otot kaku sampai akhir bisa menyerang saraf pusat yang... jika sudah menyerang saraf pusat bisa mengakibatkan kelumpuhan.. jadi untuk mencegahnya adalah dengan menjaga sistem kekebalan atau daya tahan tubuh.

    www.adistira.blogspot.com

    BalasHapus
  15. iya betul GBS penyakit yg langka dan bisa menyerang siapa aja, untuk suntikan imunoglobulin benar, anak saya baru saja trserang GBS 15 juli, alhamdulillah sekarang sdh bisa rawat jalan, diberikan suntikan GAMMARAS (immunoglobulin) sebanyak 5x, wkt pertama suntik keesokan harinya betis sdh tidak mati rasa, demikian seterusnya berangsur2 kaki kiri lutut ke bawah yg terserang sdh bisa merasakan spt kaki kanannya, saat ini sdh bisa jalan meskipun belum normal...

    yg penting buat qta semua, waspadai gejalanya..krn hal seperti ini tdk bisa qta hindari bila menyerang kita dan yg pasti percaya akan mukjizat Tuhan..amienn

    BalasHapus
  16. Just info coba pakai gammaraas, harga obatnya jauh lbh murah dr pd obat lainnya, dibawah 4 juta kok... Bs hub dokter anda ...atau bs tanya saya di 08985737919 thx

    BalasHapus